Semangat kebersamaan senasib sepenanggungan telah tertanam di kalangan semua siswa-siswi SMPN-2 Kuala Pembuang Dukuhturi.

Ini terbukti dengan suksesnya penyelenggaraan acara perpisahan kelas IX tahun 2011. Seluruh siswa dari kelas VII, kelas VIII sampai kelas IX berpartisipasi untuk mensukseskan acara tersebut.
Dan hal yang paling menggembirakan adalah dengan keterlibatan alumni dalam kepanitiaan yang ikut mensuport adik-adik kelas untuk bahu bersama-sama mensukseskan acara perpisahan.

Semula banyak guru yang meragukan apakah acara tersebut dapat berjalan lancar.? Kehawatiran ini wajar saja karena di saat kondisi sekolah yang perlu mendapat perhatian khusus dan dana yang sangat minim masih juga panitia berkeras untuk menyelenggarakan hajat itu. Bukan hanya minim dana, tapi pihak sekolah tidak ada anggaran untuk mengadakan perpisahan. Di tahun ajaran 2010/2011 program sekolah sudah komitmen untuk memfokuskan prioritas anggaran pada kegiatan PSB. Sehingga apabila di tengah perjalanan KBM ada pengajuan dana untuk kegiatan selain Program yang telah diputuskan bersama, pihak sekolah tidak bisa berbuat banyak.

Acara perpisahan bagi setiap sekolah bisa dibilang sudah menjadi kegiatan yang wajib, apapun bentuknya, acaranya maupun anggarannya, tetap dilaksanakan. Karena dengan perpisahan yang diadakan di sekolah akan menjadi satu kenang-kenangan dalam sejarah hidup pelajar. Selain itu dengan adanya perpisahan, para siswa dapat mengapresiasikan bakatnya sehingga bakat yang dimiliki siswa lewat digelarnya panggung hiburan setelah acara inti menjadi tersalurkan.

Bagi guru juga banyak manfaat positifnya yaitu diantaranya guru bisa mengetahui kemampuan yang dimiliki siswa di bidang lain selain bidang akademik. Alangkah bahagianya jika seorang guru Melihat anak didiknya mempunyai kecerdasan dan bakat yang tinggi.
Dan akhirnya di dunia ini tidak ada yang tidak mungkin, apabila Allah menghendaki JADI maka Jadilah. Sebuah pelajaran yang patut kita pegang teguh sebagai mahluk Allah SWT. Asal kita mau berusaha pasti akan menuai hasil. Di mana ada kemauan di situ ada jalan.
Selamat Jalan kelas IX semoga kalian selalu teringat pesan dari guru-gurumu.

Baca juga artikel yang terkait :